Pages

Kamis, 16 Januari 2014

18 Jenis Kucing Populer Di Dunia

Ada beragam jenis kucing tersebar luas di seluruh belahan dunia. Bagi masyarakat Indonesia, kucing merupakan hewan peliharaan favorit, namun hanya tiga ras saja yang populer, yakni Persia, Anggora dan domestik atau dipanggil kucing kampung.

Menurut hasil penelitian kucing dibagi menjadi beberapa ras atau jenis. Berikut beberapa jenis kucing di dunia.

1. American Bobtail
Kucing ras Amerika dengan ukuran panjang ekor yang bervariasi. Jenis ini terkenal dengan ekornya yang panjang, bahkan bisa melebihi 1/3 – 1/2 panjang ekor kucing jenis lain.
2. Siberia
Sesuai namanya, si manis ini berasal dari daerah Siberia, Rusia. Kucing Siberia terkenal dengan bulu lebat dan lembut sehingga mampu melewati musim dingin.
3. Angora
Jenis kucing di dunia yang berjalan bagaikan seeorang model, lemah gemulai. Fisik kucing terbilang proporsional, bulu halus, telinga tegak lurus, mata besar, cerdas dan tubuh panjang elegan.
4. Persia
18 Jenis Kucing Populer Di Dunia

Ras yang terkenal sebagai kucing rumahan, termasuk hewan yang cepat akrab dengan lingkungan sekitar, baik binatang lain ataupun anak-anak.
5. Bengal
Kucing berbulu pendek namun dihiasi banyak bintik sehingga tampak eksotis dan disukai banyak orang. Ras ini begitu populer dan handal mengamankan lingkungan rumah dari tikus.
6. Ragdolls
Bila dibandingkan jenis kucing lain di dunia, Ragdolls adalah ras kucing yang paling patuh terhadap perintah sang tuan. Pemberian namanya tergolong unik sebab kucing ini gemar berbaring dan tidur di pangkuan lengan manusia.
7. Ocicat
Sekilas mirip kucing kampung belang, namun ras ini merupakan hasil kawin silang antara chocolate point Siamese dan abyssinian. Keunikan si manis adalah rambut pendek dan mengkilap, sehingga tampak menggemaskan.
8. Turkish Van
Meskipun tergolong sebagai kucing mandiri, lebih baik memeliharanya di dalam rumah. Turkish Van terkenal dengan bulu selembut sutra, sayang sekali bila dibiarkan kotor terkena debu di luar rumah.
9. Birman
Salah satu jenis kucing di dunia yang berparas tampan dan bulu berpola warna atraktif. Populasi ras ini kian menurun dan dianggap sebagai kucing langka di dunia.
10 . British Shorthair
Kucing yang lucu dan menyenangkan, asalnya pun dari tanah Inggris. Salah satu hewan peliharaan yang disukai karena begitu hangat dan lembut.
11. Burmese
Kucing hasil perkawinan silang yang digagas Dr. Thompson (AS). Burmese merupakan persilangan siamese dan wong mau.
12. Egyptian Mau
Sesuai namanya, ras kucing berasal dari Mesir dan bulunya mirip macan tutul. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai kucing tutul.
13. Abyssinian
Jenis kucing di dunia yang pernah menjadi bagian dari sejarah manusia, ras kucing ini begitu dipuja sewaktu masa kejayaan Fir'aun di tanah Mesir.
14. Mank
Nama lainnya yaitu Rumpy. Keunikan tampak pada warna bulu, yaitu lavender dan coklat.
15. Oriental Shorthair
Sekilas, ras kucing ini memiliki tampang seperti anjing. Beberapa kalangan menyebutkan ras ini bagaikan kombinasi perpaduan tubuh kucing dan anjing.
16. Kucing Munckhin
Kucing unik dengan ukuran kaki pendek dan badan yang agak panjang. Lucu bila melihat kucing munckhin berjalan, tampak menggemaskan.
17. Peterbald
Namanya cukup unik, ras ini tampak tak berbulu sama sekali, tapi tumbuhnya sangat pendek. Fisik kucing tampak eksotis.
18. Turkish Anggora
Ras yang berkembang biak di daerah Turki. Salah satu jenis kucing populer di dunia karena keindahan warna mata.

0 komentar:

Posting Komentar