Pages

Selasa, 31 Maret 2015

Jaringan Komputer LAN

Pada umumnya jaringan komputer dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan yang terakhir adalah WAN (Wide Area Network). Namun yang akan kita ulas kali ini adalah jaringan komputer yang memiliki jangkauan paling kecil diatara ketiganya, yaitu LAN (Local Area Network).

Jaringan Komputer LAN merupakan jaringan komputer yang terdiri dari beberapa unuk komputer yang memiliki daya jangkauan terbatas dalam wilayah yang relatif sempit. contoh jaringan LAN yang sering kita temui adalah jaringan LAN di warnet, Perpustakaan, Lab Sekolah, dan lain-lain.

Jaringan komputer LAN pada umumnya adalah jaringan yang digunakan muntuk saling menghubungkan beberapa komputer kedalam satu kesatuan agar dapat berbagi data maupun sumber daya seperti printer, scaner, modem dalam waktu yang bersamaan.

Jaringan LAN juga dibedakan menjadi LAN tradisional dan LAN modern. Perbedaan yang paling mendasar dalam jaringan ini adalah dalam hal Kecepatan operasinya. Jaringan LAN tradisional memiliki tingkat kecepatan operasi berkisar 10 hingga 100 Mbps (megabyte/detik).

Sedangkan jaringan LAN modern mempunyai kecepatan rata-rata yang jauh mengungguli itu, yaitu dapat mencapai hingga kecepatan ratusan Mbps.

Cara Membuat Jaringan Komputer LAN

Jaringan Komputer LAN
Gambar Jaringan Komputer LAN

Untuk dapat menghubungkan antar komputer, jaringan LAN biasanya menggunakan media kabel. Apabila jaringan LAN hanya terdiri dari dua komputer maka kita hanya akan membutuhkan sebuah kabel UTP yang diberi konektor pada kedua ujungnya.

Konektor bisa kita dapatkan di toko komputer, sedangkan panjang kabel baiknya menyesuaikan jarak antar lokasi komputer satu dengan komputer yang lain.

Sementara itu, jika komputer yang akan kita hubungkan melebihi dari dua buah, maka kita akan membutuhkan sebuah perangkat tambahan yang sering disebut Switch atau HUB. Dan untuk membuat komputer saling dapat melakukan komunikasi.

Maka masing-masing komputer haruslan diberi IP adress masing-masing. Untuk memastikan apakah jaringankoputer LAN ini berhasil, maka haruslah kita melakukan pemeriksaan satu per satau kepada seluruh komputer.

Jaringan komputer LAN dibuat bukan tanpa tujuan melainkan sebagai media pertukaran data/informasi, menggunakan sumber daya disaat yang bersamaan dalam sebuah jaringan komputer, serta berkomunikasi antar pengguna komputer, dan berbagi koneksi internet yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Sekian apa yang dapat kita pelajari kali ini, singkat, padat, dan jelas bukan? Semoga wacana yang singkat ini dapat membuat kita lebih mengerti mengenai jaringan komputer LAN. Untuk menambah wawasan, baca juga informasi mengenai peralatan jaringan komputer dan fungsinya, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar