Pages

Rabu, 01 April 2015

Cara Cerdas Menentukan Spesifikasi Komputer Server yang Baik

Kita sebagai pengguna komputer tentunya menginginkan sebuah komputer dengan kemampuan yang memuaskan, apalagi jika akan menggunakannya sebagai server untuk jaringan komputer. Saat ini juga sudah banyak beredar berbagai jenis, tipe, merek, dan spesifikasi komputer yang cukup beragam.

Tentunya bukanlah hanya sekedar kekuatan fisik saja namun yang paling penting adalah kemampuan komputer yang mumpuni untuk melakukan berbagai hal. Jika kita hendak membeli komputer yang akan kita gunakan sebagai komputer server kita haruslah menyiapkan uang yang lebih dari biasanya saat kita membeli komputer yang biasa saja.

Bagaimana Menentukan Spesifikasi Komputer Server yang Benar

spesifikasi komputer server
Gambar Spesifikasi Komputer Server

Yang paling populer saat ini adalah komputer server dengan merek Lenovo dan HP yang dibanderol dengan harga kurang lebih sepuluh juta. Harga ini tergolong murah untuk perkembangan komputer server pada saat ini dan tentunya juga memiliki kemampuan yang memadai sebagai komputer server.

Apabila ditinjau dari segi tugasnya, komputer server dapat dibedakan menjadi dua, diantaranya adalah Server Billing yang bertugas untuk mencatat waktu serta biaya dan yang kedua adalah komputer server networking.

Akan tetapi apabila kita menggunakan spesifikasi komputer server yang lumayan besar, maka dua tugas utama komputer server ini dapat dijalankan dengan baik dan dapat pula digabungkan menjadi tugas satu komputer server saja.

Apabila kita menginginkan komputer server yang bertugas sebagai billing, kita cukup menyediakan Prosesor Intel Dual Core 2 GB, hard disk minimal 160 GB, main board ASUS P5, serta RAM DDR2 V-gen. Dengan memiliki spesifikasi tersebut kita dapat membuat server billing yang bisa dikatakan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam melaksanakan tugasnya sebagai billing server.

Sedangkan apabila kita menginginkan komputer server dengan tugas networking kita juga dapat menggunakan spesifikasi diatas namun Hard Disk cukup 40 GB saja. Dan apabila kita menginginkan server networking dapat melayani banyak titik dan dapat bekerja secara simultan, kita harus menggunakan OS Linux Server.

Penulis rasa cukup untuk pembahasan spesifikasi komputer server ini dan bagi siapa yang menginginkan komputer server memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menjalankan tugasnya sebagai komputer server, maka tidak ada salahnya kita mencoba tips memilih spesifikasi komputer yang terdapat dalam artikel ini. Semoga apa yang tertulis ini dapat berguna dan menjadi bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar