Pages

Kamis, 25 Juni 2015

Belajar Jaringan Komputer Dasar untuk Pemula

Di dalam dunia komputer memang banyak hal yang dapat kita bicarakan. Mulai dari hardware, software, dan masih banyak lagi. Apabila kita bicara tentang teman kita yang satu ini pasti tidak akan ada habisnya. Akan tetapi yang akan kita bicarakan kali ini akan membuat kita untuk lebih menegenal tentang jaringan komputer. Lalu, mengapa kita harus belajar jaringan komputer? Karena ada pepatah yang mengatakan bahwa “tak kenal maka tak sayang”. Dan tidak ada salahnya pula kalau kita belajar jaringan komputer lengkap karena banyak keuntungan yang akan kita peroleh dari yang namanya jaringan komputer ini.

Teori Dasar

Teori tentang Pengertian Jaringan Komputer
Ini adalah sesuatu yang penting. Lucu memang kalau kita akan mempelajari tentang jaringan komputer namun kita tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan jaringan komputer. Secara umum pengertian jaringan komputer adalah penggabungan antara dua komputer yang dirangkai sedemikian rupa agar dapat saling terhubung satu sama lain.

Lalu apakah keuntungan yang kita peroleh dari jaringan komputer ini? Ada banyak yang akan kita dapatkan dari jaringan komputer ini, antara lain:

  • Berbagi sumber daya
  • Menghemat biaya pembelian software
  • Menghemat waktu penginstallan software
  • Berbagi media penyimpanan
  • Berbagi data dan informasi, dan masih banyak lagi

Teori Klasifikasi Jaringan Komputer


Berdasarkan Lebar Luas Jangkauannya
jaringan kokmputer terbagi menjadi 3, yaitu Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang mempunyai jangkauan paling minim diantara yang lainnya, contoh paling sederhana adalah jaringan komputer yang terdapat di warnet. Yang kedua adalah Metropolitan Areal Network (MAN) merupakan kumpulan LAN yang saling terhubung dalam area yang relatif luas tetapi masih terdapat dalam satu lokasi. Misalnya dalam sebuah kantor, LAN yang terdapat di lantai satu juga akan terhubung dengan LAN yang ada pada lantai lima. Yang terakhir adalah jaringan komputer yang memiliki jangkauan paling luas, yaitu Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan yang dapat menjangkau wilayah antar kota, provinsi, bahkan sampai negara. Contoh dalam jaringan WAN adalah Internet.

teori jaringan komputer
Berdasarkan fungsinya jaringan komputer terbagi atas dua tipe, yaitu Client-Server dan Pear to Pear. Tipe Client Server adalah sebuah jaringan yang menghubungkan antara Client ke Server. Jaringan ini pada umumnya dibuat untuk melakukan pembagian koneksi internet maupun File. Pear to Pear bisa diartikan juga dengan hubungan Face to Face. Yaitu hubungan antar dua komputer yang bersifat Privat atau pribadi.

Berdasarkan Topologi Jaringan

Topologi jaringan merupakan susunan antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan yang berupa Node, Link, dan Station. Topologi jaringan memiliki keunikan, keuntungan, dan kerugian yang beragam. Topologi jaringan tergolongkan menjadi 6, yaitu topologi Bus, Ring, Star, Mesh/Mash, Tree, Hiraki.

Berdasarkan Media Transmisi

Media transmisi berarti sebuah media yang dibutuhkan sebuah data untuk melakukan perpindahan. Media transmisi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu Kabel dan Nirkabel. Media transmisi Kabel adalah menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya seperti kabel UTP, Fiber Optic, dan Coaxial. Sedangkan Nirkabel tidak membutuhkan kabel sebagai media transmisi, melainkan berupa Wireless/Wi-Fi.

Teori tentang Perkabelan

Teori ini memanglah harus diketahui oleh seseorang yang bergerak dibidang teknisi komputer. Jenis, fungsi, dan penempatan komputer sangatlah beragam. Untuk itu kita perlu mengetahuinya apabila ingin membuat sebuah jaringan komputer.

Teori tentang Subneting

Teori terakhir ini perlu diketahui disaat kita menjadi seorang teknisi komputer akan melakukan sebuah penghiungan IP dalam sebuah Jaringan dan menentukan subnet-nya. Salam mempermudah melakukannya sedah tersedia beberapa software yang difungsikan memang untuk menghitung IP.

Baiklah sampai di sini dulu pembahasan kita kali ini yang terurai di atas belumlah seberapa tentang belajar jaringan komputer lengkap. Namun hanya sebuah inti pada jaringan komputer saja. Janganlah kita puas atas ilmu yang telah kita miliki, untuk itu marilah bersama-sama untuk terus mencari ilmu. Semoga bermanfaat. (Baca juga tentang:Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya)

0 komentar:

Posting Komentar