Pages

Senin, 29 Juni 2015

Jenis Aplikasi Komputer dan Fungsinya

Aplikasi komputer kian menjadi perangkat paling dibutuhkan oleh masyarakat masa kini. Pada dasarnya, aplikasi komputer memiliki fungsi yang sangat vital dalam kelancaran pekerjaan seseorang. Seperti misalnya membantu menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan menghitung angka, mengolah data, membuat grafik dan lain sebagainya.

Seiring perkembangan zaman, aplikasi komputer dan fungsinya kian beragam. Mulai dari aplikasi komputer yang didapatkan tanpa harus mengeluarkan biaya hingga aplikasi premium. Keragaman aplikasi komputer juga menyesuaikan keragaman kebutuhan kita dalam menjalankan sebuah perangkat komputer.

Jenis aplikasi komputer secara garis besar dibagi menjadi 3 bagian, yaitu perangkat lunak pengolah kata, perangkat lunak pengolah angka dan perangkat lunak pengolah visual. Penjelasan mengenai masing-masing jenis aplikasi komputer dan fungsinya akan penulis paparkan secara singkat namun padat berisi pada bahasan kali ini.

Jenis Aplikasi Komputer dan Fungsinya
Berikut adalah beberapa penjabaran jenis aplikasi komputer yang biasa disebut perangkat lunak komputer. Jenis aplikasi sesuai yang telah disebutkan tadi yaitu ada 3 macam. Langsung saja anda simak ulasannya di bawah ini.

Aplikasi Pengolah Kata

Perangkat lunak pengolah kata suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengolah file dalam bentuk kata-kata. Biasanya, aplikasi pengolah kata ini sering dimanfaatkan oleh pegawai kantor untuk mencetak dokumen sesuai yang telah dibuat di dalam aplikasi ini.

Sebagai contoh, anda pun dapat menggunakan aplikasi komputer bernama Microsoft Word yang biasanya telah tersedia dalam komputer Windows.

Aplikasi Pengolah Angka

Selanjutnya adalah perangkat lunak pengolah angka, berupa program aplikasi yang berfungsi untuk melakukan pengolahan terhadap angka-angka dalam kepentingan perusahaan. Pegawai kantoran kerapkali menggunakan aplikasi jenis ini untuk menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan data kalkulasi.

Contoh dari aplikasi pengolah angkat adalah Microsoft Excel yang sudah tersedia pula dalam komputer Windows.

Aplikasi Pengolah Visual

Terakhir adalah perangkat lunak pengolah visual yang berguna untuk membuat file presentasi. Tentu, tujuan utama pembuatan file ini adalah sebagai bahan presentasi. Oleh karena itu perangkat lunak pengolah visual seringkali dikatakan perangkat lunak presentasi.

Di dalamnya terdapat beberapa konten seperti teks, gambar, suara dan video. Aplikasi visual pada keseharian kita pada contohnya adalah Microsoft Powerpoint.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai aplikasi komputer terbaru 2014. Anda pun dapat menyesuaikan diri untuk menggunakan aplikasi mana yang sekiranya cocok untuk pekerjaan anda saat ini. Terima kasih telah menyimak artikel ini dan semoga bermanfaat. (Baca juga tentang: Sejarah Perkembangan Komputer dari Awal Sampai Sekarang)

0 komentar:

Posting Komentar