Pages

Selasa, 23 Juni 2015

Definisi Jaringan Komputer

Jaringankomputer atau computer network merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komputer serta perangkat tambahan lainnya yang dirancang secara khusus agar dapat saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan, berbagi manfaat, berkomunikasi, akses informasi, memberi maupun menerima sebuah layanan.

Pihak yang mendapatkan pelayanan disebut Client, sedangkan pihak yang memberi layanan disebut sebagai server. Sistem yang tertera tadi dikenal dengan sebutan sistem client-server yang telah digunakan oleh hampir seluruh pengguna jaringan komputer.

Definisi Jaringan Komputer
Definisi jaringan komputer adalah gabungan dari dua komputer atau lebih yang telah didesain sedemikian rupa agar dapat saling terhubung satu sama lain untuk dapat melakukan komunikasi, berbagi sumber daya maupun berbagi informasi.

Tujuan dibuatnya sebuah jaringan komputer:


  1. Dengan adanya sebuah jaringan komputer, akan memungkinkan manajemen sumber daya agar lebih efisien, misalnya pada sebuah jaringan komputer banyak pengguna dapat saling berbagi satu printer dengan kualitas tinggi, dibandingkan dengan pemakaian printer berkualitas rendah di masing-masing komputer tanpa adanya jaringan komputer. Tentu ini akan lebih menghemat biaya pembelian printer.
  2. Jaringan komputer akan membantu mempercepat proses pembagian data (data sharing). Transfer data yang terjadi dalam sebuah jaringan komputer akan lebih cepat dibandingkan pembagian data tanpa adanya sebuah jaringan komputer.
  3. Jaringan memungkinkan komunikasi antar kelompok menjadi lebih efisien. Penyampaian pesan seara elektronik merupakan sebuah kelebihan yang dimiliki oleh sistem jaringan, ini akan membantu sebuah kelompok untuk bekerja lebih produktif.
  4. Jaringan membantu usaha dalam melayani Client merasa lebih efektif. Akses yang dapat dilakukan dalam jarak yang ralatif jauh ke dalam data yang terpusat memunginkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan kliendapat berkomunikasi secara langsung.
  5. Jaringan jaringan membantu mempertahankan kualitas sebuah informasi agar tetap berkualitas dan selalu up-to-date. Sistem penyimpanan yang dikelola secara terpusat memungkinkan berbagai pengguna dapat melakukan  akses data dan informasi dari berbagai lokasi yang berbeda.
  6. Manfaat yang akan kita peroleh dengan adanya sebuah jaringan komputer adalah;
  7. Berbagi sumber daya
  8. Pertukaran data
  9. Mempermudah komunikasi
  10. Mempermudah akses informasi
  11. Menghemat biaya pembelian software
  12. Menghemat waktu penginstalan software
  13. Dan masih banyak lagi.
Demikianlah apa yang dimaksud dengan definisijaringan komputer. Pengertian tentang apa itu yang dimaksud dengan jaringan komputer telah diuraikan secara jelas dan lugas dalam wacana yang singkat ini. Semoga apa yang tertulis dalam artikel ini dapat menjadi sebuah manfaat bagi para pembaca, mohon maaf apa bila terdapat berbagai kesalahan dari penulis dan sekali lagi semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat. (Baca juga tentang: Cara Merawat Komputer dengan Baik dan Benar)

0 komentar:

Posting Komentar