Pages

Sabtu, 11 Juli 2015

Macam-macam dan Kelebihan Kekurangan Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer memiliki arti yakni sebuah hubungan yang melibatkan beberapa perangkat komputer. Topologi ini sangatlah dibutuhkan untuk menentukan cara apa yang perlu diterapkan oleh sebuah jaringan komputer. Masing-masing user tentu saja berbeda kebutuhan sehingga diperlukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui toplogi jaringan komputer yang cocok.

Sementara, jenis topologi jaringan komputer saat ini sangatlah beragam dan memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Pun, masing-masing topologi juga menyandang kelebihan dan kekurangan. Kembali lagi, hal ini tentu harus anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Macam-macam topologi jaringan komputer sebagaimana telah disinggung tadi bahwa ada beragam jenisnya. Beberapa di antaranya adalah topologi jaringan komputer bernamakan Star, Ring, Bus, Tree, Mesh, dan masih banyak lagi.

Untuk kali ini hanya akan dibahas tiga kelebihan dan kekurangan topologi jaringan komputer meliputi tipe Star, Ring, dan Bus. Berikut ini dapat anda simak ulasan selengkapnya.
Topologi Jaringan Komputer

TopologiJaringan Star

Sering kali disebut topologi jaringan bintang, yang memiliki pengertian topologi yang menghubungkan server dengan client secara langsung melalui satu kabel untuk satu client. Biaya yang diperlukan untuk topologi jenis ini adalah biaya menengah, yakni tidak mahal dan juga tidak murah.

Kelebihan

Keamanan topologi jaringan star sangatlah tinggi dibanding topologi lain
Kerusakan pada satu saluran dapat diatasi dengan mudah, dan tidak berpaut pada saluran lainnya
Tahan terhadap lalu lintas jaringan komputer yang padat
Penambahan ataupun pengurangan terhadap perangkat komputer yang digunakan dapat dilakukan dengan mudah
Akses kontrol dilakukan secara terpusat
Kemudahan dalam mendeteksi kerusakan

Kekurangan

Jika komputer server mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan mengalami hal serupa
Cukup boros dalam pemakaian kabel
HUB menjadi elemen kritis sebab kontrol terpusat ada di komputer jenis ini
Biaya yang diperlukan lebih mahal dibandingkan dengan topologi jaringan ring dan bus
Jaringan komputer sangat bergantung pada komputer pusat

Topologi Jaringan Bus

Berbeda dengan topologi jaringan star, topologi jenis ini lebih mengutamakan saling berhubungan antara satu komputer client dengan yang lainnya. Dengan menggunakan teknologi E-Connector maka akan semakin memudahkan sebuah jaringan komputer dalam menjalankan program-program khusus.

Kelebihan

Harga lebih murah dibandingkan dengan topologi jaringan star, sebab kabel yang dibutuhkan lebih sedikit serta tidak memerlukan konsetrator
Apabila satu komputer mati, maka tidak akan mengganggu komputer yang lain

Kekurangan

Sering terjadi tabrakan file yang ditransfer dalam sebuah jaringan komputer
Apabila salah satu kabel saja yang terputus maka seluruh jaringan tidak dapat digunakan
Penambahan komputer tergolong cukup sulit dilakukan

Topologi Jaringan Ring

Topologi ring dikenal sebagai topologi jenis cincin. Hal ini disebabkan karena topologi jenis ring merupakan topologi jaringan komputer yang menghubungkan satu perangkat komputer dengan perangkat komputer lainnya sehingga membentuk sebuah koneksi menyerupai bentuk cincin (memutar/melingkar).

Kelebihan

Lebih hemat kabel dibandingkan dengan topologi jaringan komputer jenis star ataupun bus
Lebih fleksibel dalam mengirimkan file dan tidak akan terjadi tabrakan saat transfer karena satu data yang ditransfer membutuhkan satu waktu

Kekurangan

Mudah mengalami kesalahan sehingga satu node apabila mengalami gangguan maka akan berpengaruh terhadap seluruh jaringan komputer
Pengembangan jaringan baik penambahan maupun pengurangan perangkat komputer cukup sulit dilakukan
Kerusakan cukup sulit untuk dideteksi

Nah, ketiga topologi jaringan komputer di atas merupakan yang kerap dipakai untuk kebutuhan perusahaan saat ini. Baik itu dalam hal berbagi informasi rahasia sesama anggota perusahaan, berkomunikasi secara berkala atau mengakses informasi dari situs/website tertentu.

Demikian beberapa hal yang dapat penulis sampaikan. Semoga anda semakin tahu apa itu topologi jaringan komputer beserta macam-macam topologi jaringan komputer, meski yang penulis cantumkan hanya tiga jenis. Namun daripada itu setidaknya anda mengetahui terlebih dahulu, selebihnya anda dapat kembangkan. (Baca juga tentang:Penemu Komputer Pertama Kali di Dunia)

0 komentar:

Posting Komentar