Pages

Senin, 20 Juli 2015

Pengertian Sistem Komputer dan Komponennya

Sistem komputer kerapkali menjadi pertanyaan bagi para pengguna yang notabene masih awam. Pada dasarnya, pengertian sistem komputer secara umum adalah sebuah sistem pada perangkat komputer yang terdiri atas CPU, memori dan perangkat output.

Pada sistem komputer terjadilah sebuah proses yang saling mengaitkan tiga unsur tersebut. Untuk masing-masing perangkat yang telah disebutkan tadi dalam sistem komputer memiliki penjelasan yang berbeda-beda.

CPU yang merupakan kependekan dari istilah asing yaitu central processing unit memiliki pengertian sebagai tempat berlangsungnya seluruh proses. Pada proses tersebut, CPU menjalankan operasi aritmatika dan logika terhadap data-data yang diambil dari memori, atau data yang dimasukkan ke dalam perangkat output seperti keyboard, mouse dan sebagainya.

Sementara untuk memori, tentu banyak yang sudah mendengarnya. Ya, memori berfungsi sebagai tempat penyimpanan program dan data. Memori pada sistem komputer ada beberapa jenis dan fungsi yang berbeda. Dan terakhir, perangkat  output yang merupakan bagian dari sistem komputer antara lain: mouse, keyboard, monitor, printer, scanner dan lain sebagainya.

Dalam sistem komputer terdapat beberapa istilah yang mungkin anda juga belum mengetahuinya. Adalah distributed computing dan open computing yang masing-masing istilah memiliki pengertian seperti berikut.

Distributed computing adalah konsep bahwa semua jenis komputer baik yang kecil hingga besar memiliki kemampuan beroperasi yang sama sehingga memungkinkan transfer data atau file ke jenis komputer berbeda. Sedangkan open computing memiliki pengertian sebaliknya, yang merupakan konsep dengan kemampuan beroperasi antarkomputer berbeda-beda.

Pengertian Sistem Komputer dan Komponennya
Untuk kedua istilah dalam sistem komputer tersebut anda tak perlu mengerti betul. Anda hanya perlu mengetahuinya sebagai wacana. Selebihnya, anda mungkin akan butuh wawasan lain tentang komponen sistem komputer.
Untuk itu anda perlu menyimak daftar komponen pada sebuah sistem komputer sebagai berikut.

  • Komponen perangkat keras (CPU, hard disk, power supply, motherboard dll)
  • Komponen perangkat lunak (Microsoft office dll)
  • Komponen data (data matematik, grafik dll)
  • Komponen komunikasi (modem, network interface card/NIC)
Nah, sampai di sini, anda mendapatkan tiga referensi penting yaitu pengertian sistemkomputer beserta unsur-unsurnya, istilah dalam sistem komputer, serta macam-macam komponen sistem komputer. Dengan demikian maka selesailah tugas penulis untuk menyampaikan informasi ini kepada anda pembaca sekalian.
Sekian atas informasi yang dapat penulis sampaikan, dan terima kasih banyak atas atensinya untuk menyimak bahasan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. (Baca juga tentang: Sejarah EL'S Computer Toko Komputer Online)

0 komentar:

Posting Komentar