Pages

Rabu, 27 November 2013

3 Cara Mudah Buat Foto Panning Untuk Pemula

Hobi fotografi? Suka berbagi foto via situs jejaring sosial? Tak ada salahnya belajar teknik memotret, lalu pamerkan hasil karya original kalian ke Facebook, Twitter atau Path. Beragam teknik fotografi bisa dipelajari, salah satunya adalah panning. Cara membuat foto panning itu cukup mudah, bahkan seorang pemula bisa melakukannya. Bila anda merasa awan dengan teknik ini, berikut penjelasan singkatnya.

“Panning merupakan teknik memotret objek bergerak, dimana nanti hasilnya memperlihatkan background yang tampak blur atau buram, sehingga objek tampak bergerak lambat.”

Dalam praktek menghasilkan foto panning, juru foto harus menggerakkan kamera searah objek bergerak. Mungkin terdengar mudah, tetapi butuh kesabaran dan latihan rutin demi hasil memuaskan. Tak sabar ingin mencoba? Berikut beberapa cara membuat foto panning khusus pemula.
3 Cara Mudah Buat Foto Panning Untuk Pemula

1. Mode Shutter Priority
Agar lebih gampang ciptakan foto panning, aktifkan mode shutter priority di kamera kesayangan, entah itu mode TV ataupun S. Selanjutnya, cukup mengatur kecepatan atau speed yang diinginkan. Tak perlu mengatur aperture lagi, biarkan tersetting secara otomatis.
2. Auto Fokus
Posisi objek bergerak selalu berubah-ubah, menggunakan auto fokus adalah cara efektif membuat foto panning. Langkah ini lebih disarankan bagi para pemula. Beberapa kamera memiliki fitur yang memang sengaja dirancang khusus untuk tetap fokus pada target objek dan mengaktifkan mode auto fokus memang sangat membantu.
3. Sediakan Monopod
Dalam pengambilan gambar objek bergerak, juru foto harus menggerakkan kamera ke kanan dan kiri mengikuti arah objek, tentu bukan hal mudah karena perlu menjaga posisi kamera tetap stabil.

Agar lebih mudah menjaga posisi, disarankan memakai monopod. Bila tak tersedia monopod, boleh menggunakan tripod sebagai pengganti alternatif tapi harus memiliki ballhead yang bisa berputar. Pada awalnya, memang susah mengambil foto panning tanpa kedua alat tambahan tersebut tapi bila sudah terbiasa maka akan terasa nyaman.

Bila masih tahap belajar, memang tak gampang merekam objek secara utuh. Solusinya yaitu menempatkan objek bergerak pada frame yang cukup lapang, artinya juru foto dilarang zooming terlalu dekat ke objek agar bisa terekam secara utuh dan nantinya foto bisa di crop.

Memang, cara membuat foto panning tak mudah bagi seorang pemula. Namun, juru foto tak boleh menyerah dan kehilangan semangat. Latihan rutin itu penting, cobalah mengambil foto tanpa bantuan monopod ataupun tripod. Latihan rutin mengasah teknik dan kemampuan akan membantu dapatkan hasil yang memuaskan.

0 komentar:

Posting Komentar