Pages

Minggu, 10 Januari 2016

Macam-macam Monitor Komputer dan Penjelasannya

Monitor komputer berkembang secara pesat dari tahun ke tahun. Perkembangan tersebut tentu diiringi dengan perkembangan teknologi modern. Monitor sendiri mengalami beberapa evolusi yang kemudian menghasilkan barang berkualitas tinggi dan berteknologi modern.
macam macam monitor

Dalam tulisan ini, penulis akan mengupas tuntas empat jenis monitor komputer beserta penjelasannya. Berikut ulasannya: 

Chatode Ray Tube (CRT)

Jenis pertama untuk monitor komputer adalah CRT. Monitor jenis ini dirancang dari bahan tabung hampa sebagai layarnya dengan menggunakan media tabung sinar katoda. Orang menyebutnya dengan sebutan monitor tabung karena layarnya yang menonjol ke depan (cembung). Ukuran monitor CRT terbilang cukup besar sehingga memakan tempat yang luas. Biasanya, komputer yang masih standar (OS Windows XP ke bawah) mempergunakan layar monitor jenis CRT. Sekarang telah banyak ditinggalkan para produsen komputer karena ukurannya yang kurang efektif.

Liquid Cristal Display (LCD)
Berbeda dengan layar monitor CRT, kali ini yaitu layar monitor LCD telah mempergunakan teknologi sedikit lebih maju. Bentuknya terkesan datar karena menggunakan teknologi bernama flat panel display (monitor berlayar datar). Resolusi layar monitor LCD lebih tinggi ketimbang CRT. Pun, ukurang layar monitor LCD memiliki bentuk ramping serta pipih. Tak heran apabila banyak produsen mempergunakan layar monitor jenis ini sebagai layar monitor perangkat laptop, netbook dan sebagainya.

Light Emitting Diode (LED)
Selanjutnya adalah layar monitor bernama LED atau light emitting diode. Layar monitor LED memiliki ukuran dan bentuk yang lebih ramping dibanding LCD. Layar monitor jenis ini telah mengadopsi teknologi LED backlight yang lebih efisien ketika mengeluarkan cahaya. Dengan demikian, energi daya listrik layar monitor LED lebih kecil sehingga akan lebih menghemat pemakaian listrik. Namun juga tak terlepas dari kelemahan, layar monitor LED dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Plasma
Teknologi yang digunakan dalam layar monitor Plasma jauh lebih modern ketimbang 3 jenis sebelumnya. Monitor ini mempergunakan gas neon/xenon yang diletakkan di antara 2 lapisan plat kaca. Pada lapisan gas tersebut dialiri listrik sehingga akan bereaksi dengan memunculkan piksel. Tentu, kualitas visualisasi dari layar Plasma sangatlah diunggulkan. Pun, untuk memperbagus kualitasnya, layar monitor Plasma mengadopsi teknologi gabungan antara CRT dan LCD.


Itulah ulasan singkat tentang jenis monitor komputer dan fungsinya. Semoga dapat memberikan kejelasan bagi Anda pembaca yang budiman. (Baca juga tentang teknologi lainnya: TOKO KOMPUTER ASC COMPUTER YOGYAKARTA)

0 komentar:

Posting Komentar