Pages

Kamis, 14 Januari 2016

Pengertian, Manfaat Casing Komputer dan Jenisnya Yang Harus Anda Ketahui

Casing komputer tak bisa lepas dari dunia komputer. Casing komputer ini pada dasarnya merupakan tempat meletakkan Prosesor, Motherboard, Harddisk, Power Supply dan perangkat keras penting lainnya. Tidak wajar apabila dalam suatu rangkaian komputer tidak tertera casing komputer. Perannya bukan sembarang penghias, akan tetapi pelindung. Ya, casing komputer melindungi perangkat-perangkat vital yang menjadi patokan apakah sebuah komputer akan berjalan baik atau tidak.

fungsi dan jenis jenis casing komputer

Beberapa hal terkait fungsi casing komputer dapat disimak di bawah ini:
Melindungi komponen-komponen di dalamnya dari kotoran seperti debu, lalu air atau bahkan suhu yang panas.
Melindungi benturan-benturan fisik oleh perangkat hardware di dalamnya yang tidak terduga dan tidak diinginkan sebelumnya.
Sebagai pendingin suhu komponen-komponen di dalamnya dengan menggunakan exhaust fan.
Dan masih banyak lagi.

Manfaat casing komputer kurang lebih seperti di atas. Selanjutnya kita akan bersama-sama belajar tentang macam-macam casing komputer yang kerap dipakai dalam perakitan komputer pada umumnya. Langsung saja ulasannya dapat anda simak berikut ini: 

Casing Desktop

Adalah casing yang memiliki bentuk kotak dengan ukuran panjang 50-60 cm dan lebar 30-40 cm. Casing ini pada umumnya dijadikan sebagai tumpuan layar monitor. Di pasaran, casing desktop biasanya sudah dirangkai lengkap dengan power supply, lampu untuk harddisk, speaker, lampu turbo, lampu power dan kabel-kabel lampu. 

Casing Tower

Adalah casing yang hampir sama dengan casing desktop namun memiliki tempat yang lebih luas. Casing jenis ini pun masih terbagi ke dalam beberapa bagian jenis, di antaranya: casing mini tower, casing middle tower, casing mini itx dan casing seri gaming. Casing mini tower, middle tower dan tower pada dasarnya memiliki struktur rancangan yang sama. Hal yang membedakan hanyalah segi ukuran.


Nah, sampai di sini, penulis berharap pembaca dapat memahami dengan baik dan benar tentang apa itu casing komputer dan apa jenis beserta fungsinya. Kedepannya semoga semakin semangat belajar komputer. Sekian dan terima kasih atas atensi pembaca yang telah meluangkan sedikit waktunya untuk menyimak artikel bermanfaat ini.  (Baca juga teknologi lainnya: MACAM-MACAM MONITOR KOMPUTER DAN PENJELASANNYA)

0 komentar:

Posting Komentar