Pages

Senin, 04 Januari 2016

Persiapan Perakitan Komputer

Perakitan komputer bagi kebanyakan orang sangatlah sulit dilakukan sehingga tak heran apabila konsumen masa kini lebih memilih perangkat jadi ketimbang komputer rakitan. Berbagai alasan pun terlontarkan, salah satunya adalah kesulitan untuk melakukan persiapan. Persiapan sangat perlu dilakukan karena akan mempermudah dalam perakitan komputer. Selain itu juga untuk menghindari permasalahan yang akan timbul dikarenakan minimnya pengetahuan tentang hardware komputer.

Dalam tulisan ini, penulis akan mengajak anda untuk bersama-sama menggali wawasan tentang bagaimana persiapan sebelum perakitan komputer dilakukan agar berjalan lancar tanpa kendala apapun. Beberapa hal terkait persiapan dalam perakitan komputer adalah sebagai berikut:
perakitan komputer

Menentukan konfigurasi komputer


Menentukan konfigurasi komputer artinya menentukan berbagai jenis komponen beserta fiturnya agar seluruhnya dapat bekerja secara optimal, sebagai sebuah sistem komputer yang baik dan sesuai keinginan pengguna. Proses menentukan konfigurasi komputer dimulai dari menentukan terlebih dahulu jenis prosesor dan motherboard, setelahnya Grapich Card serta RAM dan Harddisk lalu seterusnya.

Terpenting dalam penentuan konfigurasi komputer adalah motherboard. Yakni harus diperhatikan betul karena setiap jenis motherboard akan berbeda-beda versi dengan jenis prosesor, port, modul memori ataupun I/O bus. Maka dari itu, siapkan buku manual tentang motherboard lalu pelajari untuk mengetahui komponen-komponen yang didukung dan bisa bekerja seara kompatibel. 

Menyiapkan komponen dan perlengkapan


Beberapa komponen dan perlengkapan kini saatnya anda persiapkan. Ini ditujukan lagi-lagi untuk mempermudah pekerjaan dalam perakitan komputer. Beberapa komponen dan perlengkapan yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:
  • Komponen hardware komputer
  • Komponen pendukung seperti kabel, baut, sekerup, jumper dan lain-lain
  • Buku manual atau e-Book referensi dari setiap komponen
  • Alat bantu sederhana yaitu obeng pipih (minus)
  • Perangkat lunak sistem operasi, perangkat driver dan program aplikasi 

Dalam hal ini, penulis tekankan lagi bahwa buku manual sangat perlu dipersiapkan dari awal karena sebagai referensi utama untuk mengetahui diagram posisi dari masing-masing elemen koneksi (port, konektor, slot) dan elemen konfigurasi (switch, jumper) serta cara mengatur switch dan jumper yang sesuai dengan komputer rakitan. Nah, beberapa konfigurasi tadi pada intinya ditujukan agar dapat mengetahui serta mencocokkan motherboard dengan perangkat-perangkat lain. Sementar itu mengapa perlu perangkat driver karena untuk melakukan instalasi manual sistem operasi dan juga program aplikasi yang akan digunakan saat komputer dinyalakan. 

Mengutamakan keamanan


Dalam segala hal tentu kita butuh keamanan, termasuk dalam proses perakitan komputer. Persiapan mengenai keamanan sangat perlu dilakukan untuk menghindari berbagai masalah tak terduga seperti kerusakan komponen akibat muatan listrik tidak stabil, panas berlebihan atau bahkan tumpahan cairan. Anda pun harus menyiapkannya dengan cara sebagai berikut:
  • Mengenakan gelang antistatis, lalu pertama kali yang disentuh adalah permukaan logam pada casing baru kemudian memegang komponennya agar muatan statis terbuang
  • Tidak memegang komponen elektronik ataupun konektor secara langsung, solusinya yaitu memegangnya pada bagian badan logam atau plastik
  • Mengenakan sepatu pada saat melakukan perakitan komputer
  • Pastikan tidak ada koneksi listrik sedikit pun ke komponen komputer ketika sedang melakukan perakitan, lalu pastikan pula bahwa tidak ada material sedikit pun yang memungkinkan terjadinya korsleting ketika mulai menyalakan komputer
Demikianlah yang dapat penulis sampaikan tentang persiapan merakit komputer. Semoga bermanfaat. (Baca juga artikel lainnya: SEKILAS PENGENALAN DASAR TENTANG KOMPUTER)

0 komentar:

Posting Komentar