Pages

Jumat, 06 Desember 2013

10 Cara Terbaik Merawat Kucing

Beragam binatang bisa di pelihara oleh manusia, namun yang paling digemari adalah kucing. Tingkah laku menggemaskan seekor kucing selalu bikin tersenyum, apalagi sekarang banyak orang yang ingin memelihara kucing Persia ataupun Anggora.

Lalu, bagaimana cara merawat kucing? Tak hanya kucing Persia dan Anggora saja, kucing lokal pun butuh perawatan sedapan. Bila anda seorang pemula tak tahu cara merawat seekor kucing dengan benar, situs Boldsky.com tawarkan beberapa tips berguna sebagai berikut.
10 Cara Terbaik Merawat Kucing

  1. Merawat seekor anak kucing bukan hal mudah karena perlu memperhatikan faktor gizi. Bila dibandingkan kucing dewasa, anak kucing butuh asupan gizi dua kali lebih besar jumlahnya. Walau butuh jumlah nutrisi lebih besar, bukan berarti harus memberi makan secara berlebih. Setelah anak kucing berusia 5 atau 6 minggu, beri makan 4 kali per hari, tapi jangan terlalu banyak dan batasi porsinya.
  2. Berikan makanan khusus kucing, jangan pernah memberi makanan anjing karena kandungan nutrisi keduanya jelas berbeda. Makanan yang dibuat khusus untuk kucing mengandung taurin, sebuah nutrisi penting yang bantu sehatkan mata dan jantung. Nutrisi itu tidak terkandung di makanan anjing.
  3. Kucing boleh diberikan susu, nasi dan makanan rumahan bila menginjak usia 8 atau 10 bulan. Kebiasaan ini memang harus dilakukan sejak dini agar kucing cepat beradaptasi.
  4. Ingin memandikan kucing? Sebenarnya tak perlu rutin. Waktu terbaik memandikannya bila bulu kucing mulai mengeluarkan bau. Gunakan air dingin, jangan air panas karena timbulkan iritasi kulit.
  5. Cara merawat bulu kucing tidak sulit, cukup menyikatnya secara rutin. Aktifitas ini ampuh hilangkan bakteri dan kuman yang menempel, termasuk hilangkan rambut mati.
  6. Luangkan waktu bermain bersama, ajak anak kucing beraktifitas di luar rumah. Melakukan lebih banyak kegiatan fisik membantu perkembangan dan pertumbuhan, anak kucing tumbuh lebih lincah dan sehat.
  7. Mumpung usia kucing masih muda, ajarkan kebiasaan baik seperti tidur di tempat boks yang telah tersedia, buang kotoran di toilet atau pasir boks dan mengkonsumsi makanan lokal seperti nasi.
  8. Jangan manjakan kucing. Bila tunjukkan perilaku buruk, cobalah bersikap tegas agar kucing bisa membedakan perilaku buruk dan baik.
  9. Jaga kesehatan kucing dengan memberi vaksinasi. Berikan secara rutin agar terhindar dari beragam penyakit dan virus. Kunjungi dokter hewan terdekat guna konsultasi dan cek kesehatan.
  10. Salah satu cara terbaik merawat kucing yaitu menjaga kebersihan tubuh! Selain menyikat bulu dan memandikan kucing, rajinlah membersihkan bagian kuku, telinga dan gigi. Tiga area tubuh tersebut merupakan tempat menyenangkan bagi bakteri dan kuman. Jangan dibiarkan kotor karena mengundang penyakit dan infeksi.

Itulah sepuluh cara merawat kucing baik lokal, Anggora ataupun Persia. Terapkan semua langkah diatas secara rutin agar kucing bisa tumbuh sehat dan lincah.

0 komentar:

Posting Komentar