Pages

Minggu, 15 Desember 2013

6 Hewan Langka Yang Ada Di Indonesia

Pertumbuhan industri semakin pesat tanpa memperhatikan kelangsungan hidup di lingkungan sekitar justru lebih berbahaya, ekosistem hutan mengalami kerusakan parah dan populasi hewan-hewan tertentu menurun drastis. Kategori hewan langka di dunia terus meningkat dan bila manusia tak cepat bertindak maka akibatnya lebih fatal.

Keberadaan hewan di muka bumi bukan sekedar penghias saja, tuhan menciptakan hewan untuk menjaga keseimbangan alam karena berkaitan terhadap rantai makanan. Bila populasi hewan terus menurun bahkan punah, maka rantai makanan mengalami perubahan besar-besaran. Berikut daftar hewan langka yang ada di dunia!

Orang Utan
Hewan asli Indonesia yang berasal dari pulau Kalimantan. Populasinya semakin menurun dari tahun ke tahun, habitat asli dirusak dan banyak yang mati terbunuh. Kalimantan tak lagi didominasi hutan belantara, namun perkebunan kelapa sawit.
6 Hewan Langka Yang Ada Di Indonesia

Spesies kera ini sering dianggap hama sehingga sering diburu. Orang utan incaran para pemburu liar untuk ditangkap, dibunuh dan dikonsumsi, entah untuk pengobatan ataupun penjualan daging.

Hiu
Predator laut dan samudra yang ditakuti oleh manusia, ternyata populasi hewan ini terus menurun setiap tahun. Namun pada kenyataannya, sebagian besar manusia beranggapan lautan dan samudera masih dikuasai hiu, padahal itu salah besar. Mengapa hiu termasuk hewan langka di dunia?

Perburuan! Hiu termasuk ikan yang paling banyak diburu oleh para nelayan, tak hanya mengincar daging, namun sirip. Terkadang, para nelayan tak bertanggung jawab menangkap dan mengambil sirip saja, kemudian tubuh hiu dibiarkan mati di laut. Harga sirip hiu memang tinggi dan laris manis di restoran dunia, sajian masakan begitu mewah.

Komodo
Populasinya berada di pulau Komodo (Indonesia) dan termasuk hewan langka di dunia. Menurut para pakar, komodo termasuk hewan pra sejarah, bahkan satu-satunya yang berhasil selamat dan eksis hingga sekarang. Uniknya, komodo tak ditemukan di belahan dunia lainnya, meski begitu, ia termasuk salah satu hewan langka di Indonesia dengan jumlah populasi hanya puluhan saja.

Tortoise pulau Pinta
Hewan ini termasuk spesies kura-kura, namanya Giant Galapagos Tortoise. Sesuai namanya, hewan ini hanya terdapat di pulau Pinta dan tak ditemukan di tempat lainnya.

Marmut pulau Vancouver
Marmut termasuk hewan pengerat kecil dan imut, namun di pulau Vancouver terdapat spesies yang unik. Wilayah yang terletak di daerah british Columbia, Kanada, terdapat spesies marmut dengan populasi yang semakin langka. Menurut data terakhir, Marmut pulau Vancouver hanya tinggal 70-an ekor saja. Pemerintah tidak mau tinggal diam, beragam cara dilaksanakan demi menyelamatkan satwa ini.

Badak Jawa
Setelah Orang Utan dan Komodo, satu lagi hewan langka di dunia yang berada di kepulauan Nusantara, yakni badak jawa. Populasinya kian menurun, badak bercula satu memang jadi buruan banyak orang. Cula tak hanya dipakai sebagai barang hiasan, namun beberapa pemburu menjualnya ke restoran-restoran ataupun obat tradisional.

0 komentar:

Posting Komentar