Pages

Minggu, 08 Desember 2013

9 Cara Mudah & Murah Merawat Kucing Persia

Memelihara seekor kucing lucu di rumah memang menyenangkan. Selain kucing lokal, beberapa orang ingin memelihara kucing Persia yang terkenal dengan bulu lebat dan lembut. Di beberapa toko hewan, kucing Persia, baik kecil ataupun dewasa dijual secara bebas dengan harga terjangkau. Bila tertarik, tak ada salahnya jika membeli satu.

Cara merawat kucing Persia tergolong mudah, jadi tak perlu khawatirkan hal ini. Memang, jenis kucing ini memerlukan perawatan khusus agar bulunya tetap tampak sehat dan lembut. Tetapi perawatan khusus bukan berarti sesuatu yang mahal, artinya kucing tak perlu di bawa ke salon hewan secara rutin.

9 Cara Mudah & Murah Merawat Kucing Persia

Penasaran? Berikut beberapa tips dan cara merawat kucing Persia.
1. Kucing Persia terkenal dengan bulu lebat dan halus, perlu disisir setiap hari. Menyisir bulu merupakan perawatan dasar yang wajib diingat selalu. Kucing Persia pun mempunyai keterbatasan sebab tak mempu merawat bulu sendiri. Gunakan sisir logam, lakukan dua kali dalam sehari. Menyisir bantu bersihkan bulu dari kotoran agar tetap berkilau dan tidak tampak kusut.
2. Usap bulu kucing dengan tisu bayi, lakukan setiap hari. Tisu bayi mempunyai tekstur yang lembut dan kandungan formula yang tak sebabkan alergi. Usapan tisu bayi membuat bulu kucing beraroma lebih wangi.
3. Cara merawat bulu kucing Persia yang sudah terlanjut lusuh dan kusut, mau tidak mau memanggil tenaga profesional. Jangan biarkan kucing kesayangan berbulu kusut dan lusuh karena kulit mudah tertarik dan bisa sebabkan luka.
4. Beberapa kucing Persia bermasalah dengan saluran air mata sehingga lebih banyak mengeluarkan air mata dan itu bukan pertanda yang baik. Sisihkan uang membeli tisu mata untuk membersihkan daerah mata dan hidung. Bila hidung jarang dibersihkan maka bisa terjadi penyumbatan dan kesulitan bernapas.
5. Kucing Persia wajib diberi makanan khusus, tak boleh sembarangan. Makanan harus sesuai dengan kebutuhan nutrisi. Makanan bergizi bantu menjaga kondisi bulu agar tumbuh mengkilap dan indah.
6. Luangkan waktu bermain dengan kucing peliharaan. Lakukan setiap hari karena ini termasuk cara lepaskan penat/stres setelah beraktifitas seharian sekaligus membuat kucing aktif bergerak. Sisihkan sedikit uang membeli mainan kucing atau cukup sediakan tali sepanjang 1 meter untuk bermain kejar-kejaran. Lebih baik melakukan aktifitas ini di dalam rumah.
7. Kucing Persia menyukai tempat yang nyaman dan bersih. Jangan lupa membersihkan tempat boks tidur setiap beberapa hari, begitu juga tempat pembuangan kotoran, ini wajib dibersihkan setiap hari.
8. Siapkan area tempat duduk untuk kucing, terutama di dekat jendela yang terkena paparan sinar matahari. Aktifitas berjemur membantu menjaga kesehatan.
9. Perlu keseriusan tingkat tinggi! Kucing Persia mampu bertahan hidup hingga menginjak usia 20 tahun. Oleh karena itu, perlu keseriusan jangka panjang.

Itulah sembilan cara merawat kucing Persia, meski tampak mudah tapi perlu komitmen. Apakah anda sanggup?

0 komentar:

Posting Komentar