Pages

Senin, 14 Juli 2014

Cara Meningkatkan Pendapatan Iklan di Website atau Blog

Optimasi iklan di blog atau website kadang dilupakan atau dianggap tidak penting oleh pemilik website/blog. Padahal dengan melakukan optimasi, revenue atau pendapatan blog bisa dimaksimalkan. Yang dulunya mungkin cuma menghasilkan 10 dollar dengan optimasi bisa ditingkatkan menjadi 2-3 kali lipat atau bahkan lebih.

Memasang iklan affiliate misalnya atau iklan Google AdSense tidaklah sesederhana copy dan paste kalau ingin memaksimalkan potensi penghasilan.

Cara Meningkatkan Pendapatan Iklan di Website atau Blog

1. Penempatan Iklan

Prinsipnya adalah tempatkan iklan yang visible dan sedekat mungkin dengan konten blog atau website. Di blog misalnya ada beberapa alternatif spot penempatan iklan yang bagus:
  • Iklan ditempatkan di antara judul postingan dan isi postingan.
  • Iklan ditempatkan di antara isi konten, misalnya di antara paragraf tapi pastikan iklan tersebut mudah dikenali sebagai ‘iklan’ oleh pengunjung karena ada penyedia iklan mensyaratkan ini.
  • Tempatkan iklan langsung di bawah konten atau di bawah isi postingan sebelum bagian komentar.
  • Ikuti prinsip tempatkan iklan ‘above the page fold‘. Above the fold yaitu bagian separuh website yang tampil pertama kali di browser sebelum pengunjung men-scroll halaman website ke bawah. Ini adalah bagian website yang langsung dilihat oleh pengunjung.
Dibandingkan dengan posisi penempatan iklan lainnya seperti sidebar apalagi footer, posisi yang disebutkan di atas lebih efektif.

Pastikan iklan anda gampang dilihat karena bagaimana mungkin pengunjung akan mengklik iklan kalau iklan kita sendiri entah ada dimana. Percuma blog anda memiliki traffic yang melimpah tapi penempatan iklannya salah. Penempatan iklan yang tepat ditambah pengunjung blog yang tinggi akan memaksimalkan penghasilan blog anda.
Cara Meningkatkan Pendapatan Iklan di Website atau Blog
The Best Adsense Placement?

Penempatan iklan di website hampir sama ketika kita ingin menempatkan iklan di koran atau majalah. Lokasi iklan ini juga menentukan harga yang kita berikan ke advertiser kalau merka ingin pasang iklan di blog.

2. Menggunakan Iklan Lebih dari satu

Tips berikutnya untuk memaksimalkan potensi penghasilan blog adalah tempatkan iklan lebih dari satu (multiple ad). Anda bisa memasang iklan dengan jenis yang sama lebih dari satu, dua sudah cukup dan padukan dengan iklan lain dari advertiser lain. Dengan melakukan ini penghasilan blog biasanya akan meningkat. Kalau tidak percaya boleh dicoba sendiri dan lihat hasilnya.

Yang mesti diperhatikan jika menempatkan iklan lebih dari satu adalah:
  • Sebaiknya setiap halaman tidak lebih dari 3-4 iklan. Iklan yang terlalu banyak bisa mengganggu pengunjung. Selain itu, iklan yang terlalu banyak bisa menimbulkan ad blindness. Karena saking banyaknya iklan, pengunjung jadi tidak tertarik melirik iklan Anda atau hirau dengan iklan Anda.
  • Anda bisa menempatkan iklan Adsense dan iklan affiliate di halaman yang sama untuk memaksimalkan potensi pendapatan. Iklan yang bervariasi akan memberikan pengunjung pilihan yang lebih banyak ‘ingin mengklik yang mana’. Toh pengunjung anda berasal dari latar belakang berbeda dengan masalah dan kebutuhan yang juga berbeda-beda.
  • Tempatkan iklan di setiap blog atau website yang Anda miliki.
Yang perlu diingat jangan ragu untuk mencoba lalu lihat hasilnya. Kadang kita harus mencoba beberapa alternatif sampai menemukan posisi yang tepat.

3. Kustomisasi Iklan

Ada beberapa program afiliasi atau penyedia iklan yang mengizinkan kita melakukan kustomisasi tampilan iklan. Tampilan, warna dan desain iklan yang setema dengan tampilan website dapat meningkatkan kemungkinan iklan untuk diklik.

Selain itu dengan kustomisasi, pengunjung blog akan semakin nyaman menjelajah blog kita. Penempatan iklan kadang membuat tampilan blog menjadi sedikit ‘norak’ dan bagi pengunjung tertentu menjadi ini membuatnya tidak nyaman.

Jika anda punya tips lainnya untuk mengoptimalkan potensi revenue dari iklan di blog silahkan share di bawah.

0 komentar:

Posting Komentar