Pages

Rabu, 28 Oktober 2015

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya dalam sebuah jaringan diperlukan sebuah perangkat keras jaringan komputer (hardware). Tujuan penggunaan perangkat keras jaringan komputer tersebut adalah berbagi berbagai informasi, data dan juga berbagai peripheral dalam sebuah jaringan komputer.
Perangkat Keras Jaringan Komputer

Nah, berikut ini adalah contoh dari macam - macam perangkat keras yang diperlukan dalam sebuah jaringan komputer:

1. Komputer Server
Secara kasat mata, bentuk komputer server hammpir sama dengan komputer lain pada umumnya, namun biasanya yang menjadi pembeda adalah konfigurasi hardware lebih di optimalisasikan untuk menunjang perannya sebagai server.

Komputer server berperan sebagai tokoh utama dalam jaringan komputer, karena komputer server bertugas untuk melayani komputer client dalam sebuah jaringan, entah itu berupa menyediakan data, mengontrol workstation, file server menjadi host dan masih banyak lagi.

2. Komputer Client
Komputer Client adalah pihak yang mendapat pelayanan dari komputer server. Komputer ini mengambil data yang telah disediakan oleh komputer server untuk melakukan pengolahan data.

3. NIC (Network Interface Card)
NIC juga sering disapa dengan sebutan "Kartu Jaringan", perangkat ini merupakan salah satu dari sekian banyak perangkat keras yang digunakan sebagai media untuk menghubungkan komputer satu sama lain. Peran NIC adalah menghubungkan kabel jaringan dengan komputer. Kartu jaringan ini juga mempunyai sebuah kode unik tertentu yang berbeda - beda, hal ini digunakan untuk pengalamatan secara fisik.

4. UTP (Kabel Jaringan)
UTP merupakan kependekan dari Unshielded Twisted Pair artinya adalah pasangan - pasangan kabel yang disusun membentuk sebuah spiral (lilitan) yang tidak tahan terhadap gangguan interfrensi elektromagnetik.

UTP merupakan kabel yang dirancang secara khusus untuk mentransmisikan data dalam sebuah jaringan kompuer. Kabel ini juga menghubungkan dari server ke hub/switch, user satu dengan user lainnya dalam wilayah lokal (kantor, warnet, dan lainnya.)

5. Konektor
Konektor merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara kabel media transmisi dengan kabel yang akan dihubungkan pada tempat tertentu, misalnya komputer. Terdapat jenis yang berbeda-beda antara konektor tiap kabel.

6. Hub
Hub merupakan titik pusat penerima sinyal yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan tersebut. Cepat atau lambat koneksi dalam sebuah jaringan tergantung pada HUB, jika hub mengalami sebuah kerusakan maka semua jaringan tersebut akan terganggu bahkan bisa saja terputus, maka dari itu hub juga berperan sangat penting dalam jaringan komputer.

7. Switch
Adalah hardware yang bekerja pada lapisan datalink yang menghubungkan antar komputer hingga membentuk sebuah segmen jaringan. Cara kerjanya hampir sama dengan Bridge hanya saja switch memiliki jumlah port yang banyak melebihi bridge hingga switch sering disebut sebagai multi-port bridge.

8. Repeater
Adalah alat penguat sinyal pada sebuah jaringan komputer. Pada umunya repeater berfungsi untuk memancarkan kembali sinyal yang diterima sehingga sinyal lebih kuat dan dapat mencapai jangkauan yang lebih luas.

9. Router
Jika Switch menghubungkan beberapa alat untuk membentuk sebuah Local Area Network (LAN) router adalah perangkat yang diguakan untuk membagi protokol kepada jaringan - jaringan lainnya. fungsi router adalah sebagai penghubung  beberapa jaringan untuk meneruskan data dari suatu jarigan ke jaringan lain.

10. Modem
Modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Befungsi mengubah informasi kedalam bentuk sinyal kemudian mentransmisikan data tersebut dalam bentuk gelombang elektromagnetik yang siap untuk dikirimkan. Modem bisa juga dikatakan sebagai alat komunikasi dua arah.


Sebenarnya masih banyak perangkat lain yang mendukung terjadinya jaringan antar komputer, namun perangkat di atas sudah memenuhi syarat untuk membentuk sebuah jaringan pada komputer satu dengan komputer yang lainnya. (Baca juga artikel ane lainnya: KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER)

0 komentar:

Posting Komentar